Karang Taruna

                                                              Karang Taruna

Karang Taruna mempunyai tugas menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif, maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.
Karang Taruna dalam melaksanakan tugasnya mempunyai fungsi:

  1. penyelenggara usaha kesejahteraan sosial;
  2. penyelenggara pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat;
  3. penyelenggara pemberdayaan masyarakat terutama generasi muda di lingkungannya secara komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan;
  4. penyelenggara kegiatan pengembangan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda di lingkungannya;
  5. penanaman pengertian, memupuk dan meningkatkan kesadaran tanggung jawab sosial generasi muda;
      pemupukan kreatifitas generasi muda untuk dapat mengembangkan tanggung jawab sosial yang bersifat rekreatif, kreatif, edukatif, ekonomis produktif dan kegiatan praktis lainnya dengan mendayagunakan segala sumber dan potensi kesejahteraan sosial di lingkungannya secara swadaya;

    penguatan sistem jaringan komunikasi, kerjasama, informasi dan kemitraan dengan berbagai sektor lainnya.
 penyelenggara usaha-usaha pencegahan permasalahan sosial yang aktual; pengembangan kreatifitas remaja, pencegahan kenakalan, penyalahgunaan obat terlarang (narkoba) bagi remaja; dan penanggulangan masalah-masalah sosial, baik secara preventif, rehabilitatif dalam rangka pencegahan kenakalan remaja, penyalahgunaan obat terlarang (narkoba) bagi remaja.

 Tumbuh sebuah perkumpulan sinoman,yang banyak sinoman-sinoman di Desa Semen termasuk sinoman Ganist.Adapun kegiatan bersifat sosial kemasyarakatan antara lain:
    a.pramuladi ( pladen )
    b.Parkir sepeda .
    c.kegiatan gotong royong kemasyakatan.
Dari salah satu hasil kegiatan tersebut muncul sumber-sumber dana yang dapat di kembangkan.dari pramuladi sinoman mendapatkan kas pembinaan., dari parkir kita dapatkan sumber dana dan bantuan dari donatur.
     Dana-dana tersebut dikumpulkan dan kembangkan ke anggota sinoman berupa pinjaman yang setiap 5 bulan lunas.
dari hasil pengembangan tersebut sejak tahun 1995 sampai sekarang sinoman Ganist sudah mempunyai aset yang sangat sifnisikan sebuah perkumpulan kemasyarakatan yang berada di tengah-tengah sebuah Desa.
kebutuhan2 warga yang bersifat umum sebut saja lampu penerangan jalan ada yang rusak kita tidak menarik iuran untuk pembenahan, Ada warga yang punya hajat mantu ( pernikahan ) kekurangan biaya untuk acara tersebut sinoman Ganist meminjamkan modal tanpa di bebani  jasa.dan setiap tahun mengeluarkan Bingkisan Lebaran yang di bagikan seluruh warga RT 1 / 13 yang terletak di Dusun Gebangsewu Desa semen.
dan Untuk Sinoman sendiri sudah mempunyai sragam ( celana dan baju ) sekitar 30 stel  dan 2 set warna berbeda. 6 seragam basopi untuk bapak-bapak penerima tamu. 6 stel kebaya ibu2 untuk among tamu putri.
   Meja 18 set  penyediaan warga sekitar yang membutuhkan untuk acara hajatan ( mantu atau sunatan ).   
   untuk kursi sementara kita hanya punya 100 bh.
 


semen mandiri
semen mandiri maju

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar